Kegiatan 1 Teks Ulasan Semester Genap
PENDAHULUAN
Assalamualaikum....
Halo anak-anak hebat dimanapun berada....
Selamat bergabung yah...di kelas Dalam Jaringan ( Daring ) khususnya untuk jenjang SMP kelas VIII semester Genap.
Pada kelas maya ini tersedia Modul pembelajaran yang berisi materi/sumber belajar yang dapat kalian pelajari dan dapat didownload sehingga kalian dapat mempelajarinya berulang-ulang tanpa harus online. Selain itu tersedia pula Kuis/latihan soal, tugas dan soal ujian yang dapat membantu mengasah dan meningkatkan kompetensi kalian.
Berikut Kompetensi Dasar (KD) Pengetahuan dan Keterampilan untuk Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Semester Genap
KD Pengetahuan
3.11 Mengidentifikasi informasi pada teks ulasan
tentang kualitas
karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang
dibaca atau diperdengarkan.
3.12 Menelaah
struktur
dan kebahasaan teks ulasan
(film, cerpen,
puisi, novel, karya seni
daerah) yang
diperdengarkan
dan dibaca.
3.13 Mengidentifikasi jenis saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai
hal positif atas permasalahan aktual dari
teks
persuasi
(lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman
budaya) yang didengar dan dibaca.
3.14 Menelaah struktur
dan kebahasaan teks persuasi yang
berupa
saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai
permasalahan
aktual
(lingkungan
hidup, kondisi sosial, dan/atau
keragaman
budaya, dll)
dari berbagai
sumber yang
didengar dan dibaca.
3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur drama (tradisional
dan moderen) yang disajikan dalam
bentuk pentas
atau
naskah.
3.16 Menelaah
karakteristik unsur
dan kaidah kebahasaan
dalam
teks
drama yang berbentuk
naskah atau pentas.
3.17 Menggali
dan menemukan informasi
dari buku fiksi
dan nonfiksi yang
dibaca.
3.18 Menelaah unsure buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
KD Keterampilan
4.11
Menceritakan
kembali isi teks
ulasan tentang kualitas karya (film,
cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang
dibaca atau didengar.
4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.
4.13 Menyimpulkan isi
saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan
aktual dari teks
persuasi
(lingkungan
hidup, kondisi sosial,
dan/atau keragaman
budaya)
yang didengar dan dibaca.
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran,
ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis
dan
lisan dengan memperhatikan
truktur, kebahasaan, atau aspek
lisan.
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan
modern)
yang
dibaca dan
ditonton/
didengar.
4.16 Menyajikan drama
dalam bentuk
pentas
atau
naskah.
4.17 Membuat
peta konsep/ garis
alur
dari buku fiksi
dan nonfiksi
yang
dibaca.
4.18 Menyajikan tanggapan
terhadap buku fiksi dan
nonfiksi
yang
dibaca
secara lisan/ tertulis.
Selamat belajar yah...Tetap semangat dan semoga sukses selalu. Salam Sehat.
Wassalamualaikum....
Komentar
Posting Komentar